Laman

Kamis, 11 Agustus 2016

Budaya Kota Tarakan

Di Kota Tarakan, Kalimantan Utara ada budaya sebagai daya tarik wisatawan juga di kota tersebut yang bernama Pesta Rakyat Iraw Tengkayu, acara ini adalah sebuah peristiwa yang bersejarah bagi masyarakat dan penduduk bumi paguntaka dan acara ini biasa diperingati setiap 1 tahun sekali.
Acara rutin ini adalah salah satu cara untuk menarik wisatawan untuk hadir ke bumi paguntaka ini selain ,puncak dari acara budaya ini adalah melepaskan kapal yang di hias ke laut lepas dan acara budaya ini di tutup dengan tarian tradisional suku tidung yang di tampilkan secara masal dalam proses penampilan penari tradisional tersebut tidak sedikit dari para penari itu mengalami kesurupan .
Acara rutin ini telah mendapatkan respon dari pemerintah daerah dengan ditetapkan perayaannya dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali ini digabungkan bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Tarakan (Borneo) kalimantan utara. Secara nasional tradisi Iraw Tengkayu juga telah tercatat sebagai calender of event pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
 Makanan Khas Kota Tarakan


Tarakan juga punya masakan khas lainnya yaitu Kapah. Kapah juga merupakan makanan laut khas Kota Tarakan. Kapah adalah sejenis kerang yang ada di pesisir pantai Kota Tarakan. Jika mengunjungi Pantai Amal, Kapah akan menjadi menu utama dan makanan favorit pengunjungnya. Kapah disajikan dengan cara direbus, yang menjadi ciri khas adalah sambalnya. Hampir seluruh rumah makan di sana akan menyediakan Kapah, baik yang mentah untuk di bawa pulang dan yang telah matang yang bisa langsung dinikmati sambil mengagumi indahnya panorama Pantai Amal. Di Tarakan juga terkenal dengan buah terap yang bisa anda nikmati sebagai makanan penutup. Buah terap ini juga dapat dibuat berbagai macam olahan makanan yang lezat.

 Ciri Khas Kota Tarakan
 
Kota Tarakan merupakan satu satunya Kota di Provinsi Kalimantan Utara di Indonesia dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 km² dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kota Tarakan berpenduduk sebanyak 239.787 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil.
Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota “BAIS” (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar